Dear Para Kartini, Simak Tips Mengatur Keuangan Keluarga Anda Jadi Aman

Tentu saja kita ingin membayar diri sendiri dari kegiatan bisnis yang sudah kita lakukan. Jangan habiskan uang langsung dari rekening bisnis yang kita punya. Sebaiknya lakukan transfer sejumlah yang diinginkan ke rekening pribadi kita.

Penggunaan Talangan Sementara berpotensi menimbulkan pembiayaan talangan. Dana yang siap untuk digunakan untuk pembelian reksadana dan penarikan dana. Makan sesekali di restoran tidak masalah, namun jika makan di restoran menjadi sebuah kebiasaan rutin akan menghabiskan gaji secara cepat. Harga makanan di restoran setidaknya hingga 4X lipat daripada makanan buatan sendiri.

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk dapat mengeluarkan diri kita dari hutang. Pastikan tujuan finansial utama kita adalah sesuatu yang benar-benar ingin kita capai ya, rekan-rekan pembaca. Layaknya kehidupan yang kita jalani setiap hari, tujuan bukan hanya diperlukan untuk kehidupan, namun juga aspek-aspek kecil di dalamnya, terutama keuangan. Dengan memiliki tujuan finansial utama, kita akan lebih terarah dalam mengendalikan pengeluaran. Mengingat hal itu, kami memiliki lima kiat pengelolaan uang agar bisnis Anda lebih menguntungkan.

Tak hanya untuk menghindari utang, pengelolaan keuangan juga bisa digunakan bagi Anda yang ingin menabung untuk tujuan keuangan seperti membeli rumah atau berinvestasi. Anda sudah mempersiapkan dana darurat, maka langkah selanjutnya adalah menabung untuk mempersiapkan dana pensiun Anda. Semakin awal Anda merencanakan keuangan untuk pensiun maka Anda dapat menikmati masa pensiun dengan lebih mudah.

“Membersihkan bukan hanya cara untuk menyingkirkan hal-hal yang mengacaukan hidup Anda, tetapi juga cara untuk mengumpulkan uang, kata Melody Juge, pendiri Life Income Management. Atau hemat belanja dengan melakukan pembelian di situs on-line seperti Rakuten dan Ibotta, yang memberi Anda pengembalian dana untuk berbelanja di situs mereka. “Setiap kuartal atau uang yang dapat Anda hemat, di mana pun Anda dapat menemukan tabungan, maka itu dapat bertambah dengan cepat,” kata Cynthia Pruemm, pendiri dan CEO SIS Financial Group. Jika Anda secara teratur mendapatkan pengembalian pajak, itu lebih baik daripada berhutang.

Jangan salah, pria lajang ternyata bisa lebih boros dibandingkan pria yang sudah memiliki pasangan. Untuk itu, buatlah skala prioritas khususnya dalam kebutuhan pengeluaran sehari-hari. Misalnya, biaya-biaya pengeluaran yang memang sudah menjadi rutin setiap bulannya seperti utang cicilan. Nah, mengenai utang cicilan perlu dipikirkan sebelumnya agar pria lajang juga memiliki dana cadangan uang tunai minimal 2 kali dari harga barang yang mau dibeli.

Kondisi yang penuh serba ketidakpastian ini memaksa kita untuk meninjau kembali alokasi anggaran dengan memangkas anggaran yang tidak perlu. Anda bisa mulai mengatur keuangan dengan meninjau kembali alokasi anggaran, lalu lakukan penyesuaian. Pastikan, Anda sudah tahu dalam sebulan harus keluar uang berapa dan untuk apa saja.

Tentu saja, dengan begini Anda juga bisa menabung lebih banyak. Anda juga bisa tahu di mana pengeluaran yang kurang perlu dan bisa dialokasikan untuk tabungan. Nantinya, uang tabungan ini bisa dialokasikan untuk hal lain seperti melunasi utang , atau digunakan untuk membiayai dana darurat suatu saat nanti. Selain menyiapkan anggaran Anda tidak perlu membeli barang secara kredit, beralihlah ke kartu tunai atau debit untuk menghindari bertambahnya utang. Buka rekening tabungan jangka pendek dan tarik untuk pengeluaran besar.

Tips mengatur keuangan

Semua bisnis berlomba-lomba memberikan promo yang dapat menarik pelanggan. Sebagai konsumen, kamu harus lebih pintar dan bijak memanfaatkan kesempatan tersebut. Pemenuhan terhadap kebutuhan primer ini menjadi bagai yang paling utama dalam kehidupan karena merupakan kebutuhan yang bersifat darurat atau kebutuhan dasar. Pertama, kebutuhan primer yang terdiri dari sandang, pangan dan papan. Terbiasa mengecek tagihan yang menjadi pengeluaran rutin wajib dibayarkan tepat waktu, sangat penting dilakukan.