Pemerintah Siapkan Vaksin Covid

Akan dilaksanakan bulan Maret, Tanggal pelaksanaan akan di informasikan kembali. “Kita menargetkan 6 bulan selesai dengan menduakalilipatkan puskesmas atau titik penyuntikan dan mengempatkalilipatkan tenaga vaksinator yang sudah terlatih,” tegasnya. “Kami akan mengempatkalilipatkan karena goal Presiden, vaksinasi kurang dari setahun. Supaya ekonomi kita bisa segera membaik,” ucap Kang Emil.

Hampir seperlimanya (19 persen-12 vaksin) sedang dalam penelitian untuk suntikan hanya satu kali, dosis tunggal, tidak dua kali penyuntikan. Oleh karena itu, dari sisi substantif pemerintah telah menyiapkan sejumlah cara untuk menggugah kepedulian dan partisipasi anak muda di program vaksinasi salah satunya dengan cara dialog. Namun butuh penanganan khusus untuk mensosialisasikan program vaksinasi di kalangan anak muda yang masih skeptis dan kritis dengan vaksinasi. Hal itu diharapkan bisa mempercepat pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia untuk mengantisipasi adanya pergerakan pemudik nakal pada saat libur Lebaran nanti. Dia menjelaskan bahwa prosedur prosedur pelaksanaan vaksin ini dimulai dengan pendaftaran atau pencocokan information/listing yang sudah terdaftar sekaligus pengukuran suhu tubuh. Terdapat kandidat vaksin yang dapat diberikan untuk mereka yang berusia 60 hingga 89 tahun.

Bagi mereka yang datang tanpa mendaftar atau peserta yang datang di luar jadwal tidak akan dilayani. E-voucher yang diterima bukan jaminan untuk mendapat vaksinasi karena akan diverifikasi ulang oleh sistem P-Care. Untuk menghindari kerumunan, jangan datang terlalu cepat atau terlalu terlambat dari jam penjadwalan. Jika kamu mengantar orangtua atau kakek dan nenek kamu, maka kamu bisa mendapatkan vaksin Covid-19 juga. Kebijakan ini dikemukakan oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Keuntungan dari vaksin virus yang lemah adalah dengan satu atau dua dosis pemberian saja maka bisa didapatkan kekebalan dengan durasi yang sangat panjang. Namun, kelemahan vaksin dengan metode ini adalah tidak bisa diberikan pada orang-orang yang memiliki sistem imun yang lemah, seperti penderita AIDS atau kanker. Virus bisa membuat kita sakit karena begitu masuk ke tubuh kita, mereka bereplikasi dalam jumlah yang besar.

Cara Vaksin Covid

Di tempat yang sama, Ketua Kadin Sumatera Utara Ivan Batubara menyatakan sudah banyak perusahaan yang mendaftarkan karyawannya untuk ikut vaksinasi gotong royong. “Yang paling penting, perusahaan-perusahaan ini mendukung vaksinasi gotong royong dan ini cara cerdas untuk mendistribusikan vaksin dengan baik,” kata dia. “Semua itu tentu akan kami information dan nantinya akan diverifikasi oleh pemerintah,” kata dia.

Periode pertama berlangsung di bulan Januari–April 2021 untuk tenaga kesehatan dan kelompok yang berisiko tinggi, sedangkan periode kedua dilaksanakan mulai April 2021 hingga Maret 2022 untuk masyarakat luas. Pemerintah pun mulai menjadwalkan program vaksinasi guna menekan angka kasus positif COVID-19 yang masih terus meningkat. Jika Anda termasuk dalam kelompok yang diprioritaskan mendapat vaksin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Cara ini dilakukan untuk mengetahui standing apakah sudah terdaftar sebagai penerima vaksin Covid-19 atau belum.