Tinjau Produk Riset Unram, Gubernur Dorong Mahasiswa Jadi Pengusaha

Namun, besarnya dorongan dari pemerintah berbanding terbalik dengan kenyataan di lapangan. Pemikiran bahwa menjadi PNS akan aman dari sisi finansial, menurutnya tidak benar. Justru sebaliknya, dengan menjadi pengusaha akan membawa hidup lebih aman dari sisi finansial untuk kehidupan di masa yang akan datang. “Jadi penanaman modal asing dibandingkan dengan PDB kita, kita memang masih tertinggal. Jadi kita memang masih perlu investasi dari luar untuk menciptakan lapangan pekerjaan ini,” tambah Rosan.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Anda akan mencapai performa puncak dan melakukan apa yang harus Anda lakukan untuk berhasil hanya jika Anda melakukan sesuatu yang menarik minat Anda atau sesuatu yang Anda peduli. Pengusaha yang sukses tidak keberatan dengan kenyataan bahwa mereka menempatkan dalam 15 atau 18 jam sehari untuk bisnis mereka karena mereka benar-benar mencintai apa yang mereka lakukan. Sukses dalam bisnis adalah semua tentang kesabaran dan kerja keras, yang hanya dapat dicapai jika Anda bergairah dan gila dengan tugas dan kegiatan.

Surabaya – Ratusan mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya dan kampus lain di Surabaya saling adu entrepeneur di Unusa Jl Jemursari, Jumat (12/1/2018). Ciri-ciri mahasiswa yang bisa sukses dalam berbisnis ialah suka mengisi waktu dengan hal-hal positif. Waktunya tidak cuma dihabiskan untuk kuliah dan bermain saja, tapi juga mencari kesibukan lain yang dapat menambah wawasannya. Namun, jika nilai Anda bagus, berarti Anda adalah orang yang mau berusaha, walaupun mungkin ada mata kuliah yang tidak Anda suka. Karakter pembelajar inilah yang penting untuk membentuk Anda menjadi wirausaha yang cerdas.

Menteri Koperasi dan UKM, Syarif Hasan, mengatakan sebuah negara maju ialah negara yang memiliki 2 persen wirausaha dari jumlah penduduk. Tapi kata Mark Zuckerberg, CEO Facebook“Resiko terbesar dari bisnis adalah saat kita tidak mengambil resiko apapun. Dalam dunia yang terus berubah dengan cepat, satu – satunya strategi yang dijamin gagal adalah tidak mengambil resiko”.

“Reformasi birokrasi LIPI dilakukan melalui perbaikan manajemen riset dengan cara melakukan penataan organisasi secara complete dan perubahan proses bisnis melalui rekayasa birokrasi,” kata Handoko. Ia berharap, di bawah kepemimpinannya bisa meningkatkan kualitas dan inovasi di universitas dan perguruan tinggi dalam bidang riset dan teknologi. Kemendikbud-Ristek nantinya juga akan bermitra dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional . Belajar dari kasus tsunami Covid-19 di India, Mahardika mengimbau masyarakat untuk tetap taat protokol kesehatan meski sudah divaksinasi. “Apa yang terjadi di India masih belum pasti disebabkan oleh mutasi virus Covid-19 tapi kita belajar bahwa kerumunan, dan euforia vaksinasi menjadi faktor terbesar yang membuat terjadinya tsunami Covid-19 di India.

Ia mendirikan usaha baju batik bernama Arka Batik Jogja dan trend wanita bernama MIB Fashion. Sebagai pembicara terakhir, dosen Fakultas Bahasa dan Sastra Unas Siti Tuti Alawiyah, M.Hum juga mengatakan, menjadi seorang wirausaha membutuhkan perjalanan yang panjang. “Prosesnya nggak semudah yang dibayangkan, kita harus tau langkah-langkah apa yang bisa digunakan. Jika sudah dapat keuntungan sedikit, waktunya untuk mengembangkan sayap lagi agar punya bisnis yang kokoh,” ujarnya.